01/02/2021

Pengertian Sosial | Definisi, Cakupan, Unsur-Unsur, dan Contohnya

By admin

Pengertian Sosial | Definisi, Cakupan, Unsur-Unsur, dan Contohnya

Definisi sosial

Sosial dari bahasa Latin “Sozius”, yaitu dilahirkan, dibesarkan atau tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat (Salim, 2002).

Pengertian-Sosial-Definisi,-Cakupan,-Unsur-Unsur,-dan-Contohnya

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Sudarno menegaskan bahwa dari kepentingan Salim sebelumnya pada tahun 2002 ia menekankan pada struktur sosial, yaitu tatanan banyak hubungan sosial dalam masyarakat (individu, keluarga, kelompok, kelas) pada posisi sosial tertentu, berdasarkan sistem nilai dan norma yang berlaku. pada waktu tertentu ke masyarakat.
Cakupan sosial

Menurut Sudarno terdapat dua bidang sosial, antara lain interaksi sosial dan hubungan sosial, yaitu:

Interaksi sosial adalah interaksi institusi sosial, individu, dalam suatu hubungan yang dapat dikendalikan oleh kepentingan tertentu. Soerjono Soekanto juga mengartikan interaksi sebagai hubungan timbal balik antara individu, individu dengan individu lain dan antar kelompok dengan kelompok lain.
Hubungan sosial adalah hubungan antar institusi, individu, dan institusi yang bersifat umum yang bersifat fundamental bagi masyarakat (Soedarno dalam Salim, 2002).

Faktor sosial

Faktor sosial meliputi etnis dan etnis dalam pendidikan (Muzaham, 1995).

Menurut Gottlieb (1983), dukungan keluarga merupakan faktor sosial. Faktor sosial adalah pendidikan, suku, dan dukungan keluarga.

pendidikan

Menurut Notoatmodjo (1993), pendidikan merupakan konsep yang dapat diakses oleh publik. Pendidikan dalam arti formal adalah suatu proses penyediaan materi dan materi kelas oleh pendidik yang dapat disebut guru tujuan pendidikan yaitu siswa dan murid, untuk mencapai perubahan pola pikir, tingkah laku, pengetahuan, dll.

Menurut Muzaham (1995) pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah atau di kampus, tetapi juga di lingkungan keluarga dan lingkungan. Pendidikan digunakan untuk menunjukkan jenis peristiwa yang terjadi di gereja. Jenis acara ini adalah interaksi antara dua atau lebih kelompok orang yang bertujuan untuk mengubah kepribadian seseorang sebagai bagian dari masa tinggal mereka. Lingkungan pendidikan yang merupakan tempat interaksi sosial, seperti sekolah, tempat kerja, keluarga, tempat bermain, rekreasi dan tempat lain.

suku

Menurut Muzaham (1995) etnisitas merupakan kesatuan budaya dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Perbedaan ini menimbulkan perilaku yang berbeda, baik perilaku individu maupun kelompok. Perilaku bukan hanya aktivitas yang dapat diamati dengan mata, tetapi juga terkandung dalam pikiran manusia. Perilaku bergantung pada proses belajar manusia itu sendiri. Apa yang dilakukan orang secara sadar atau tidak, orang belajar berperilaku dengan meniru atau belajar dari generasi di atasnya dan juga lingkungan alam dan sosial di sekitarnya.

Dukungan keluarga

Menurut Friedman (1992), keluarga dari dua orang atau lebih menjadi satu bahkan hidup bersama karena adanya ikatan darah, saling berbagi, dan kedekatan emosional yang mengidentifikasikan diri sebagai bagian dari keluarga.

Menurut WHO (1978), keluarga bertujuan untuk kesejahteraan anggota keluarga yang meliputi lima bidang yaitu ekonomi, biologi, sosial budaya, psikologi dan pendidikan.

Menurut Bobak, Lowdermilk, Jensen (2005), dukungan keluarga sangat mengacu pada sistem / proses atau jaringan yang membantu individu dalam proses kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, individu tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, sehingga manusia sangat membutuhkan orang lain dan dukungan sosial dari sesamanya berupa perhatian, rasa hormat dan kasih sayang.

Dukungan keluarga merupakan sumber dan jenis keluarga yang berdampak besar pada taraf kehidupan keluarga.

Jadi ini adalah pembahasan pemahaman sosial, cakupan sosial, dan faktor sosial. Terus kunjungi Ayoksinau.com. Tentu ada banyak artikel menarik. Terima kasih.

 

Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn