Panduan Membuat Press Release dan Contohnya
11/04/2022

Panduan Membuat Press Release dan Contohnya

By admin

Cara membuat siaran pers, panduan, dan template gratis

Panduan Membuat Press Release dan Contohnya

Mengetahui cara menulis press release (PR) yang menarik dan dapat dipublikasikan adalah keterampilan yang harus Anda kuasai. Ini bukan hanya pengumuman, tetapi juga untuk konsumsi publik dalam bentuk berita.

Oleh karena itu jelas bahwa siaran pers harus memiliki nilai berita. Ini adalah referensi terpenting saat membuat PR. Selain teknik penulisan, tentunya juga harus sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Ya, jika tulisannya tidak bagus, maka jangan berharap banyak dari rilis yang Anda kirimkan. Anda mungkin perlu meningkatkan keterampilan ini lagi. Jadi kali ini, kita akan belajar cara membuat siaran pers yang layak dimuat.

Teknik Dasar Penulisan Siaran Pers

Sebelum menulis siaran pers, Anda harus mengetahui beberapa hal dasar sebagai dasar teknik penulisan.

Pertama tentang gaya penulisan yang ingin Anda gunakan. Kuasai pesan murni dan piramida terbalik.

Straight news adalah cara penulisan berita untuk menyampaikan fakta atau informasi penting.
Sedangkan piramida terbalik seperti artikel fitur. Yang paling penting ditulis dulu, lalu diakhiri dengan informasi tambahan.

Di bawah ini adalah ikhtisar dari gaya penulisan piramida terbalik.

Kedua, penulisan siaran pers juga harus memasukkan unsur dasar jurnalistik, yaitu 5W+1H. Anda membutuhkannya dari paragraf pertama hingga akhir.
5W1H

Jika Anda bisa melakukan keduanya, maka membuat press release tidak sesulit yang Anda pikirkan. Ini hanya masalah memahami struktur tulisan.

Selanjutnya kita bahas bagian-bagian dalam PR.
Struktur penulisan siaran pers

Informasi dalam siaran pers harus disampaikan secara efektif dan memiliki konten yang dapat dibaca. Karena itu, saat melakukan PR, pastikan Anda memasukkan semua bagian secara lengkap.

Header – Berisi logo, nama perusahaan, alamat, kontak, website.
Judul – Harus mewakili isi pesan. Tidak perlu lama-lama, yang penting menarik.
News Terrace – Mulailah paragraf dengan menulis nama tempat dan tanggal. Kemudian tulis judul 5W+1H untuk menjelaskan apa yang terjadi, kapan, mengapa, dan seterusnya.
Tubuh (Body) – Berikan informasi yang lebih spesifik di paragraf berikutnya. Gunakan gaya piramida terbalik seperti di atas.
Kesimpulan – Ringkasan singkat dari pesan yang disampaikan.
Boilerplate – Profil organisasi yang mengeluarkan siaran pers.
Kontak – Tidak seperti kontak organisasi di header, ini adalah kontak pribadi orang yang mendistribusikan PR.

Struktur press release yang sudah jadi akan terlihat kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Lalu bagaimana cara menulisnya?
Cara membuat siaran pers untuk pemula

Menulis siaran pers tidaklah sulit. Anda tinggal mengemas pengumuman tersebut dalam bentuk artikel berita yang rapi dan menarik.
Buat judul yang menarik

Memikirkan judul PR seperti menulis judul posting blog. Itu harus sesuatu untuk diklik sehingga editor media juga tertarik untuk membacanya.

Anda harus tahu bahwa editor media menerima banyak kiriman PR setiap hari. Jika milik Anda tidak menarik, skrip pasti akan dilewati.

Ingat bahwa judul harus tetap sederhana dan mudah dimengerti dan mengandung kata kerja.
Mengandung nilai berita

Pada awalnya disebutkan bahwa PR harus mengandung nilai berita. Karena jika itu hanya sebuah pengumuman, kebanyakan orang tidak akan peduli.

Untuk alasan ini, ada bagian “Teras Produk Baru”. Bagian ini ditulis dalam 5W+1H untuk menambah nilai berita.

Artinya artikel yang Anda tulis setidaknya harus tepat waktu, faktual, penting, atau menarik.

Ya, harus ada fakta. Jurnalis membutuhkan informasi ini untuk menceritakan kembali PR Anda dalam artikel mereka.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan untuk menulis bagian tubuh dalam bentuk piramida terbalik.
tambahkan kutipan

Kutipan dapat menghidupkan skrip PR Anda. Nantinya, hal ini juga bisa digunakan oleh wartawan untuk membahas suatu konteks dalam pengumuman tersebut.

Selain itu, kutipan juga berguna untuk memperjelas informasi yang disampaikan. Biasanya kutipan tersebut berasal dari orang penting di perusahaan/organisasi.

Anda dapat meminta kutipan dari satu atau dua orang yang berperan dalam proyek tersebut. Masukkan ke dalam narasi untuk memperkuat pentingnya pengumuman.

Informasi berharga di akhir

Banyak orang bingung saat mengerjakan bagian terakhir PR. Kesimpulan seperti apa yang harus ditulis?

Sebaiknya informasi tambahan berguna untuk diseminasi. Tapi pastikan juga bahwa kesimpulannya tidak bertele-tele, tapi pendek dan manis.

Kemungkinan lain adalah, misalnya, penggunaan newsjacking. Apa itu?

Sepintas, newsjacking adalah cara mengaitkan siaran pers dengan sesuatu yang sedang viral. Tujuannya tak lain untuk mendapatkan perhatian publik.

Tulis boilerplate

Aturan singkat penulisan boilerplate ini adalah harus ada unsur “siapa” dan “apa”.

Agar tidak bingung, Anda perlu menunjukkan siapa yang mengirimkan publikasi. Kemudian jelaskan juga apa yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi tersebut.

Tidak perlu panjang lebar, biasanya boilerplatenya hanya satu paragraf.

Intinya ini adalah bagian dari membangun kredibilitas Anda sebagai pihak yang mengeluarkan PR.
Unduh templat siaran pers

Pada titik ini, saya harap Anda mengerti bagaimana menulis siaran pers.

Untuk mempercepat proses, silakan gunakan templat siaran pers standar di bawah ini. Anda dapat menerapkannya ke berbagai jenis PR sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber :